Bimtek Pelayanan Prima dan Berjejaring

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelayanan Prima dan Berjejaring berupa Achievement Motivation Training (AMT) yang merupakan program pelatihan dengan tujuan untuk pengembangan diri, terutama dalam meningkatkan motivasi berprestasi para pesertanya. Peserta bimtek terdiri dari perwakilan tiap bidang dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) lingkup DPUPKP Kabupaten Sleman bertempat di Savita Garden Inn Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 9 Ngaglik Sleman, Selasa (31/09/2023).

Bimtek ini dibuka oleh Kepala Bidang Perumahan Suwarsono dilanjutkan dengan paparan materi dari Badan Diklat Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Thantowi Jauhari dan Pandita Pratyaksa. Pada sesi pertama, Thantowi Jauhari memaparkan motivasi kerja yang terdiri faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan refleksi etos kerja / pandangan terhadap kerja yang dapat dijabarkan dengan kerja adalah rahmat, kerja adalah amanah, kerja adalah aktualisasi, kerja adalah ibadah, kerja adalah seni, kerja adalah kehormatan, dan kerja adalah pelayanan. Faktor eksternal yang berpengaruh dalam budaya kerja positif mempunyai ciri lingkungan kerja yang produktif, komunikasi terbuka dan jujur, suasana kantor yang seru, penghargaan dan motivasi, dan kerjasama antar tim. Pola pikir sebagai pelayan publik harus melakukan pelayanan prima yakni pelayanan sebaik mungkin kepada para pelanggan atau konsumen sehingga menimbulkan rasa yang puas.

Pada sesi kedua, Pandita Pratyasa memaparkan sukses membangun jejaring kerja. Terdapat beberapa definisi sukses, diataranya adalah perasaan kepuasan dan harga diri yang berasal dari realisasi tujuan yang ingin dicapai (Frank Spiller); mengidentifikasi mimpi atau tujuan, mengambil lompatan-lompatan untuk sampai ke sana dan mecapai prestasi (Lisa Spahr); dan peduli tentang perkembangan pribadi dan profesional dari orang lain daripada anda sendiri (GL Hoffman). Sedangkan jejaring kerja dapat didefinisikan dengan suatu set hubungan yang kuat maupun lemah antar para pihak, baik hubungan antar personal maupun antar organisasi. Adapun persyaratan membangun jejaring kerja diantaranya adalah ada dua pihak atau lebih organisasi/lembaga, memiliki kesamaan visi dalam mencapai tujuan organisasi/lembaga, ada kesepakatan/kesepahaman, saling percaya dan membutuhkan, komitmen bersama untuk mencapai tujuan yang lebih besar, dan dibutuhkan model kepemimpinan yang tepat.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keberhasilan seseorang untuk meraih sukses tidak hanya ditentukan oleh dirinya sendiri tetapi juga ditentukan oleh besarnya dukungan orang lain, semakin besar dukungan semakin mudah seseorang untuk meraih sukses. Untuk mendapatkan dukungan tersebut diperlukan kemampuan membangun jejaring kerja.


Foto Suasana Bimtek Pelayanan Prima dan Berjejaring

Bagikan Halaman / Postingan ini :