DPUPKP Kabupaten Sleman Menerima Kunjungan Kerja dari DPRD Kabupaten Sragen

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah, Selasa (19/04/2022). Kunjungan kerja ini dimaksudkan dalam rangka mendapat saran dan masukan terkait dengan tugas dan fungsi Komisi III Bidang Pembangunan khususnya pembangunan serta pemeliharaan jalan.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sragen Sugiyarto beserta rombongan disambut oleh Sekretaris DPUPKP Kabupaten Sleman Amperawan Kusjadmikahadi didampingi Kepala Bidang Bina Marga Theresia Emilia Tristianingsih beserta Kepala Seksi Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Suparman. Dalam sambutannya, Amperawan Kusjadmikahadi menjelaskan bahwa terkait penyelenggaraan jalan daerah telah diatur dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 13 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Jalan Daerah yang berisi status jalan daerah (jalan kabupaten dan jalan desa), penyeleggaraan jalan daerah, dan ketentuan lainnya. Pemerintah Kabupaten Sleman juga mengembangkan Aplikasi Lapor Sleman yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melaporkan permasalahan khususnya tentang kerusakan jalan yang diampu oleh DPUPKP Kabupaten Sleman, dari laporan masyarakat tersebut harus segera direspon dan ditangani sehingga kerusakan jalan bisa cepat diperbaiki.

Theresia Emilia Tristianingsih menambahkan bahwa terkait dengan jalan kabupaten memiliki panjang 699,5 Km dengan kondisi baik 436,05 Km, kondisi sedang 195,8 Km, kondisi rusak ringan 49,7 Km, dan kodisi rusak berat 17,95 Km. Sedangkan kondisi jalan mantap sepanjang 631,85 Km atau setara dengan 90,33%. Dalam pemeliharaan jalan kabupaten diampu oleh Seksi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan dengan kegiatan pemeliharaan berkala jalan dan pemeliharaan rutin jalan yang terbagi menjadi 3 wilayah kerja, yakni pemeliharaan jalan sleman barat, pemeliharaan jalan sleman tengah, dan pemeliharaan jalan sleman timur. Selain itu DPUPKP Kabupaten Sleman memiliki AMP (Asphalt Mixing Plant) / alat pencampur aspal dan peralatan penunjang guna menanggulangi kerusakan jalan yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pelayanan Peralatan, Laboratorium, dan Pengolahan Aspal.


Foto Suasana Kunjungan Kerja dari DPRD Kabupaten Sragen

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :