DPUPKP Kabupaten Sleman Menerima Kunjungan Kerja dari DPRD Kabupaten Sragen

Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Sleman menerima kunjungan kerja dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sragen Provinsi Jawa Tengah, Selasa (08/03/2022). Kunjungan kerja ini dimaksdukan dalam rangka studi banding terkait dengan pembahasan raperda retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG).

Wakil Ketua Panitia Khusus I DPRD Kabupaten Sragen Inggus Subaryoto beserta rombongan disambut oleh Kepala DPUPKP Kabupaten Sleman Taupiq Wahyudi didampingi Kepala Bidang Pendataan, Pembinaan, dan Pangawasan Bangunan Roch Widayatiningrum beserta staf teknis PBG Irfan Yusuf Muttaqien dan Yeni Lisiana Putri. Dalam sambutannya, Taupiq Wahyudi menjelaskan terkait retribusi PBG, Pemerintah Kabupaten Sleman telah menetapkan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman Nomor 18 Tahun 2021 tentang Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung  yang merupakan pungutan daerah sebagai pembayaran atas pemberian persetujuan bangunan gedung, sertifikat laik fungsi, dan surat bukti kepemilikan bangunan gedung. PBG adalah perizinan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi dan/atau merawat bangunan gedung sesuai dengan standar teknis bangunan gedung.

Yeni Lisiana Putri secara teknis menambahkan besarnya retribusi PBG dihitung berdasarkan perkalian antara tingkat penggunaan jasa atas biaya penyediaan layanan yang diukur berdasarkan formula yang mencerminkan biaya penyelenggaraan penyediaan layanan dan harga satuan retribusi PBG. Harga satuan retribusi PBG terdiri atas indeks lokalitas dan standar harga satuan tertinggi untuk bangunan gedung (luas total lantai, indeks terintegrasi, indeks bangunan gedung terbangun) dan harga satuan retribusi prasarana bangunan gedung untuk prasarana bangunan gedung (volume, indeks prasarana bangunan gedung, indeks bangunan gedung terbangun). Indeks lokalitas tersebut ditetapkan berdasarkan pelayanan yang diberikan oleh Tim Penilai Teknis dan Tim Profesi Ahli.


Foto Suasana Kunjungan Kerja dari DPRD Kabupaten Sragen

 

 

Bagikan Halaman / Postingan ini :